Mata Silinder (Astigmatism)

Mata Silinder (Astigmatism)Ada banyak gangguan kesehatan mata yang bisa terjadi, yang salah satunya ialah mata silinder, atau dikenal juga dalam istilah medis Astigmatism. mata silinder sebenarnya tidak jauh dengan mata rabun, tetapi kondisinya yang lebih parah. jika mata rabun hanya tidak jelas atau blur ketika melihat objek, tetapi ketika mata silinder terjadi bukan hanya akan blur tetapi objek juga akan terlihat berbayang, karena itu akan sangat tidak nyaman dengan kondisi penglihatan yang seperti ini.

mata silinder bisa terjadi pada satu mata saja, atau kedua mata saja, sebab ada yang kombinasi dengan kondisi mata yang sebelah silinder dan yang satunya lagi mengalami rabun. dengan penglihatan berbayang dan blur bukan hanya akan sulit melihat objek yang dekat atau pun yang jauh saja, tetapi juga akan terasa tidak nyaman karena pasti akan merasakan pusing kepala. untuk itu mata silinder (Astigmatism) bukan lah hal yang baik terjadi. mata silinder pun bisa terjadi pada anak anak juga.

silinder

Penyebab Mata Silinder (Astigmatism)

Mata normal dan bisa melihat dengan jelas maka kornea mata akan berbentuk cembung, atau lengkungan seperti bola. namun, berbeda bentuk kornea mata pada saat memiliki mata silinder (Astigmatism), karena bentuknya tidak seperti bola pada umumnya, lebih seperti bola rugby. pengaruh dari bentuk kornea atau lensa akan menyebabkan cahaya yang masuk tidak akan membias ke fokus pada retina maka dari objek yang dilihat akan tidak jelas. ada yang mengalami mata silinder sejak kecil bahkan sejak dilahirkan memiliki mata silinder, sehingga hal ini akan menyebabkan mata silinder di miliki sejak anak anak bahkan bayi. ada pun beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terjadinya mata silinder, seperti dibawah ini :

  • Infeksi yang mengakibatkan jaringan parut pada kornea. salah satu faktor penyebab mata silinder (Astigmatism) ialah karena infeksi. infeksi pada mata tidak hanya akan menyebabkan sakit mata saja, tetapi juga bisa menyebabkan infeksi mata yang parah sampai menyebabkan pembentukan jaringan parut sehingga mempengaruhi bentuk maka dari itu penglihatan mata menjadi tidak jelas.
  • Melakukan operasi mata yang menyebabkan adanya perubahan kornea. pernah melakukan operasi mata juga bisa berpotensi untuk mengalami mata silinder (Astigmatism). sebab karena operasi maka akan memicu bentuk kornea atau lensa berubah, maka dari itu setelah operasi mata untuk hal apa pun bisa meningkatkan risiko untuk menderita mata silinder.
  • Terjadi pembengkakan, penipisan, atau perubahan pada kornea. ada kondisi dimana mata mengalami gangguan yang efeknya akan menyebabkan mata bengkak, atau yang parah menyebabkan penipisan sehingga pengaruhnya pada bentuk kornea yang tidak normal lagi setelahnya, sehingga penglihatan akan tidak jelas.
  • Kondisi yang memengaruhi kelopak mata sehingga membuat kornea terganggu. bukan hanya masalah pada kornea mata saja, apabila ada masalah pada kelopak mata pun akan menyebabkan mata silinder (Astigmatism) juga. faktor risiko terjadinya mata silinder (Astigmatism) dari masalah pada kelopak mata baik karena infeksi atau hal lainnya.

Mata silinder sangat bahaya sekali apabila di abaikan, karena kondisi mata silinder (Astigmatism) bisa membahayakan penderitanya membawa kendaraan atau ketika di jalan rawan kecelakaan, sebab penglihatan tidak jelas serta berbayang yang akan dialami oleh orang dengan mata silinder. untuk anak anak pun juga bisa terganggu fokus belajarnya, dengan begitu akan sulit memahami pelajaran dengan baik.

Ciri Ciri Mata Silinder (Astigmatism)

Kondisi paling mudah merasakan mata silinder (Astigmatism) dengan gangguan penglihatan yang tidak jelas baik jarak dekat atau jauh dan ditambah buruk lagi dengan kondisi penglihatan yang berbayang. mungkin sangat mudah bagi orang dewasa untuk menyadarinya dan biasanya langsung mengatakan pada orang terdekat lalu melakukan pengobatan, tetapi berbeda dengan anak anak terlebih anak anak yang cenderung lebih diam. untuk itu kenali ciri ciri mata silinder (Astigmatism) pada anak sehingga sebagai orang tua akan langsung menyadari jika ada yang kurang baik pada anak, seperti dibawah ini :

  • Pandangan kabur saat melihat objek yang jauh/dekat sehingga sering menyipitkan mata, misalnya kesulitan melihat huruf di papan tulis.
  • Sakit kepala karena mata bekerja secara berlebihan.
  • Frekuensi mengedipkan mata yang berlebihan
  • Sering menggosok mata.
  • Terlihat tidak menyadari keberadaan objek yang jauh/dekat.

Mengatasi Mata Silinder (Astigmatism)

Akan sangat sulit untuk melakukan berbagai macam aktivitas apabila kondisi penglihatan tidak baik. untuk itu apabila telah melakukan pemeriksaan mata dan benar mengalami mata silinder (Astigmatism), sebaiknya diatasi dengan cara dibawah ini :

  • Alat bantu kacamata yang pasti menjadi pilihan pertama untuk mengatasi mata silinder sehingga penglihatan lebih jelas dan tidak berbayang. setiap orang akan menggunakan kacamata dengan lensa yang berbeda jadi perlu pemeriksaan terlebih dahulu untuk membuat kacamata yang cocok dan sesuai dengan kondisi mata.
  • Selain kacamata akan lensa kontak yang merupakan lapisan kecil digunakan pada retina sehingga terlihat tidak menggunakan alat bantu. tetapi sebaiknya tidak digunakan terlalu sering, lebih aman dengan kacamata.
  • Operasi lasik juga cara cepat untuk mengatasi mata silinder (Astigmatism) tetapi setelahnya bisa menggunakan komputer atau apa pun dengan cahaya terlalu terang. (By:RM)

Mata Silinder (Astigmatism)

Cara Beli Starlite Suplemen Mata

Suplemen Kesehatan Mata Terlengkap Untuk Gangguan Mata Silinder dan Penyakit Mata Lainnya

Harga Starlite Untuk Menjaga Kesehatan Mata dan Mengatasi Mata Silinder

obat-mata-starlite

Harga Starlite Suplemen Terlengkap Untuk Mata Silinder

Harga Starlite 1 Botol isi 30 Kapsul = Rp.295.000,-

cara-pemesanan-cepat

Cara Pemesanan Cepat Suplemen Mata Starlite :

SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Starlite, Jumlah Botol yang dipesan, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap, dan Pembayaran Anda Via Bank Apa

This entry was posted in Mata Silinder and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *